Penayangan bulan lalu

Senin, 29 November 2010

Cara Belajar Agar Lulus UN

Beberapa waktu lalu, saya pernah posting mengenai “Budaya Instan Lulus Ujian Nasional”. Pengen nepatin janji untuk cerita-cerita soal cara-cara dapat bocoran soal UN yang ada. Tapi, kayaknya beberapa sudah pada tahu juga. Hehe. Ntar-ntar aja deh, setelah selesai ujiannya, sekalian tanya-tanya sama siswa-siswa yang bakal mengikuti UN 2009 bulan April dan Mei nanti.
;)
*Semoga mereka ngga’ ada dapat kunci jawaban soal Ujian Nasional.
Langsung ke intinya saja. Beberapa hari ini, adik-adik yang main ke warnet pada sibuk nyari prediksi soal UN. Hmm… Senangnya, mereka sudah sibuk mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional 2009 nanti. Nah, kali ini saya Cuma ingin sedikit share, gimana sih cara lulus UN.

Yang pasti jawabannya adalah: belajar!
:P
“Iya, Hel, kalo’ itu mah aku juga tauk! Tapi, gimana cara belajarnya itu ngga membosankan?”
Saya juga ngga’ begitu paham gimana buat belajar itu jadi ngga’ membosankan. Intinya, kita harus benar-benar menyiapkan diri. Jangan malas-malasan kayak Helda. Dan, yuk cobain tips dan triks cara Helda untuk persiapan lulus Ujian Nasional 2009!
1. Bahas soal minimal 10 soal per pelajaran per hari.
Sepuluh cukup deh kayaknya kalau dimulai pemantapannya di bulan Maret. Hitung sendiri aja, mana yang kamu rasa paling baik. Intinya, setiap hari itu kamu harus ada bahas soal pada saat belajar di rumah. (Tapi, jangan cuma beberapa soal aja ya. Bisa berabe mah!)
2. Bahas soal yang kamu ngga’ tahu bareng teman.
Nah, kalo’ sudah ngerjain soal-soal prediksi UN yang ada di rumah, dan ternyata ada yang mentok kamu ngga’ bisa, yuk tanya ke teman! Lebih bagus lagi kalau kamu punya kelompok belajar bersama. Jadi, pertemuan kalian lebih terorganisasi. Di sana kalian kumpulkan soal-soal UN yang kalian tidak tahu dan kemudian dipecahkan bersama. Asyik kan tuh…
3. Bahas soal dengan guru atau tentor kamu.
Ini dia jalan yang terakhir. Setelah kamu udah bahas sendiri soal Ujian Nasional-nya, udah bahas bareng teman juga. Eh, ternyata ada juga yang belum ketemu jawabannya, langsung aja tanya sama guru kamu yang bersangkutan atau mungkin tentor kamu.
;)
Kesimpulannya, cara belajar kamu untuk UN nanti harus bertahap. Seperti ketiga tahap yang sudah dipaparkan di atas. Kemudian, dari semuanya itu, konsisten terhadap jadwal adalah yang paling penting!
Sekali saja kamu mengabaikan jadwalmu untuk belajar, kemungkinan besar selanjutnya juga bakal begitu.
“Oya, gimana dong, Hel, dengan pelajaran-pelajaran yang membutuhkan hafalan?”
Ini dia yang sering terabaikan. Apalagi, mulai tahun 2008 lalu, mata pelajaran untuk Ujian Nasional itu nambah – Fisika, Biologi dan Kimia. Kalo’ untuk pelajaran-pelajaran yang butuh daya hafal, sering-sering pegang buku aja deh sekalian dibaca juga pastinya. Hihi. Prinsipnya sih sama dengan pelajaran ‘berhitung’, sering-sering bahas soal. Teteup…
Kamu juga bisa tanya-jawab sama teman. Buat kayak permainan/game gitu. Pasti jadi menyenangkan!
Selamat berjuang untuk lulus Ujian Nasional 2009! Semoga tips dan trik cara lulus Ujian Nasional di atas bermanfaat walau tidak seberapa.
b-)

Yang Nyangkut:

tips lulus ujian nasional, tips agar lulus ujian, cara lulus ujian, cara lulus UAN, cara lulus un, tips lulus UN, tips lulus uan, tips lulus ujian, kiat-kiat lulus ujian, tips dan triks lulus UAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar